Header Ads

Konfigurasi FTP pada Windows 2012 r2 di oracle virtualbox


Assalamu'alaikum wr.wb

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu bagaimana cara konfigurasi FTP server di Windows server 2012 r2? langsung saja ikuti langkah-langkah berikut :)

➧ Materi
FTP adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi sebagai standar untuk pengiriman file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan.

Fungsi FTP :
1. Untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggungahan (upload) berkas-berkas komputer antara client ftp dan server ftp.

➤ Konfigurasi FTP

1. Pertama sekali klik Server Manager  kemudian tambahkan terlebih dahulu rolenya, yakni FTP server, konfigurasi ftp di windows server 2012 r2 klik add roles and future
2. pilih type instalasi dengan memilih role based insatalation role base dipilih karena untuk menambahkan beberapa role,role service dan fiturnya.

3. pilih srver yang akan digunakan, apakah menggunakan server pool atau virtual hardisk, disini kita pilih server pool.
4. berhubung karena FTP server adanya di dalam Web server IIS maka aktifkan terlebih dahulu Web Server ISS setelah itu baru tambahkan role FTP Server.
5. Akan Muncul POP UP penambahan Role Web server IIS pada management tool nanti akan terdapat FTP server.
6. Untuk menambahkan fiturnya kosongkan saja lalu klik next.
7. Web server iis sudah ditambahkan dimana versi yang digunakan internet information service 8.5
8. Pilih role service yang akan digunakan lalu ceklis FTP server kemudian klik next

9. Akan muncul Konfigurasi instalasi yang sudah dipilih. Karena sudah yakin mau menginstall Ftp server maka Klik Next.

10. Proses instalasi akan segera dimulai, tunggu beberapa saat sampai starting instalation penuh.
11. Setelah Proses insatalasi telah selesai, klik Close dan Berikutnya adalah masuk ke tab tools, kemudian pilih internet information Service (IIS) manager.
12. Disini Server ISS yang sudah dibuat akan tampil sesuai dengan informasi yang akan diberikan IIS versi 8.

13. Double klik server yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian akan muncul kotak dialog IIS dengan memberikan pertanyaan apakah ingin menggunakan web platform IIS pilih Yes lalu berikan Ceklis Do not show this massage.
14. Maka ketika kita Menceklis dengan yes, akan muncul kotak dialog menuju internet Explorer. Dengan memberikan insformasi internet explorer versi 11, lalu unceklis Continius to prompt.
15. Kotak dialog internet explorer 11 akan muncul klik ask me later, karena kita akan menggunakan web browser yang lain.
Anonymous User.
16. Pada Server home pilih FTP Authentication. Authentication ini menjelaskan user yang diberikan hak akses login ftp.

17. Ftp authentication ada 2 group yakni anonymous user dan basic. kalau anonymous semua user bisa mengakses ftp tersebut, kemudian klik "Enable".

18. kembali lagi ke server home pilih ftp Authorization rules.

19. Pilih add allow rule pada action yang ada sebelah kanan, kemudian allow access to content pilih all anonymous users. Kemudian Permissionnya Read and write diberikan ceklis, artinya user tersebut bisa upload dan download ke ftp nantinya.

20. maka satu user anonymous sudah ditambahkan. user ini nantinya akan bisa mengakses ftp tanpa ada login password.

21. Membuat letak folder yang akan dishare nantinya pada client. Nama folder yang akan diberikan tentukan sendiri mau diletakkan di drive C atau D.

22. Setelah selesai menambahkan user dan folder di ftp maka kita akan menambahkan site, klik kanan pada sites kemudian pilih add ftp site, bisa juga dengan Meng-klik langsung pada action sebelah kanan,lalu add ftp site.

23. setelah itu tambahkan site name sesuai yang anda gunakan, letakkan pathnya dengan folder yang sudah dibuat sebelumnya.

24. IP binding pada setting berikut arahkan IP yang digunakan server. Kemudian pilih port ftp sebagai default port 21. Karena belum menggunakan SSL maka pilih "no ssl"

25. Pilih Authentication dan Authorization dengan anonymous serta permission read and write
26. Konfigurasi Ftp sudah Selesai kita coba verifikasi dengan Meng-klik tanda "explorer"

27. Disini kita langsung masuk ke folder ftp dan kita create salah satu folder untuk mencoba ftp tersebut.

28. verifikasi berikutnya dengan mengakses ip address dari server, contoh : ftp://192.168.17.117,
Karena dns belum dibuat maka pemanggilan berdasarkan nama tidak bisa digunakan.

29. Verifikasi dengan web browser dengan cara buka web browser di Client.

30. Verifikasi lewat cmd dengan mengetik ftp://(ip) contoh : ftp://192.168.17.117 masukkan login Anonymous kemudian untuk pertama sekali, kalau lewat cmd password default anonymous adalah IUSR.
31. Lewat cmd kita bisa juga upload dan download file dengan perintah put or get.

disini saya coba dengan perintah PUT :
32. Verifikasi berikutnya menggunakan filezilla.

Masukkan IP, username yang sudah dibuat, passwordnya dan juga port nya 21, kemudian Quickconnect, maka akan tampil folder yang sudah kita buat di ftp.
Authentication User
33. Menggunakan authentication user, bikin folder terlebih dahulu, dan buat user login ftp.
34. Menambahkan IP binding dimana IP tersebut di izinkan untuk membuka file ftp yang ada di server. Jadi arah ftp tersebut ditentukan oleh network.
35. Authentification user yang diizinkan mengakses ftp tersebut dipilih yang BASIC karena kita harapkan user tertentu yang bisa mengakses file tersebut dengan permission READ and WRITE.
36. Konfigurasi FTP yang sudah dibuat, langkah Selanjutnya adalah menambahkan user yang akan mengakses file FTP tersebut. Pilih tab Tools kemudian klik "Computer management"
37. Klik "Computer management" lalu pilih USER, kemudian klik kanan pada user tersebut, kemudian isikan data user yang bisa mengakses ftp tersebut. Berikan password user tersebut dengan menuliskan gabungan antar huruf,simbol dan angka.
38. User yang didaftarkan sudah ada pada server tersebut.
39. Verifikasi lewat internet explorer dengan perintah : ftp://(masukkan ipnya) lalu enter, maka akan tampil gambar seperti dibawah ini. masukkan nama login user dan passwordnya, klik login.
40. Ketika kita sudah login maka akan ada tampilan folder yang sudah kita buat sebelumnya.
41. Verifikasi juga lewat cmd
BERHASIL
Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

wassalamu'alaikum wr.wb

No comments

Powered by Blogger.