Header Ads

Konfigurasi Inter-VLAN-Router on a stick pada cisco packet tracer


Assalamu'alaikum wr.wb

pada Post an kali ini admin mau Memberitahu, Bagaimana si Konfigurasi Biar berbeda vlan saling terhubung? dan apa aja Perintahnya? Yuk ikutin Penjelasan dan Langkah-langkah berikut dengan Cermat!

Materi
➺Router on a Stick adalah salah satu jenis konfigurasi router yang mana interface physical merouting traffic antara beberapa vlan pada network yang berbeda.
➺Router interface dikonfigurasi kan untuk beroperasi sebagai link trunk dan terhubung dengan port switch dalam mode trunk.
➺Router menunjukkan inter-Vlan dengan Menerima traffic vlan yang telah dikonfigurasi mode trunk dari switch dan secara internal me-routing antar vlan menggunakan sub-interface
Konfigurasi

1. Kita buat dulu topologi seperti gambar dibawah ini, konfigurasi vlan 10 dan 20 di Switch 1 dan 2, dan Tambahkan 1 Router, Karena hanya menggunakan 1 interface, maka harus dibuat dulu sub-interface nya, untuk dijadikan sebagai gateway VLAN. Port Switch 1 Harus terhubung dengan Router, cara Menghubungkannya Menggunakan Mode Trunk
2. Kita Buat sub-interface buat Vlan 10 dan Vlan 20 di router, dengan masuk ke dalam interface yang terhubung ke switch, kemudian kita tambahkan sub-interface didalamnya, gunakan IP gateway ya, dan scriptnya seperti gambar dibawah ini.
3. Setelah berhasil membuat sub-interface, masuk lagi ke interface yang terhubung dengan switch, lalu aktifkan interfacenya dengan perintah : no shutdown
 4. Kita aktifkan Mode trunk agar antar vlan Bisa saling terhubung dengan router, Mas
uk dulu ke interface yang terhubung ke router, kemudian masukkan perintah : sw mode trunk
5.  Tambahkan IP gateway, buat Interface Vlan 10 Pada Switch 1 dan Switch 2, agar Switch dan PC saling terhubung.
 6. Sekarang Coba Kita Test dengan PING, Disini saya Coba PING Menggunakan CMD dari Pc 1 Vlan 10 ke Pc 7 Vlan 20 dan , ternyata pas kita ping Yang tampil adalah Reply itu tandanya Berhasil Terhubung antar Beda VLAN, jika Request time out maka PING yang dilakukan Gagal.
 Ping juga dari Pc 7 vlan 20 ke Pc 1 Vlan 10
 7. Jangan Lupa, Di router juga harus ditest, masukkan IP Pc Vlan 10 dan vlan 20, dengan Perintah : ping (masukkan IP pc) Jika berhasil, maka Proses PING akan 100% terkirim.
 8. Seperti ini lah Tampilan Sesudah Konfigurasi Inter-VLAN Router on a Stick

Sekian Cara Konfigurasi Inter-VLAN router on a stick, Semoga Bermanfaat untuk anda.
Jangan Lupa Share,LIke and Comment!!

Wassalamu'alaikum wr.wb

No comments

Powered by Blogger.